MANFAAT KUNYIT UNTUK KESEHATAN | inilah 5 manfaat kunyit untuk kesehatan


Siapa disini yang suka mekonsumsi kunyit baik herbal atau untuk bumbu masakan.
Sebenarnya kalian tau gak manfaat dari kunyit tersebut,nah kali ini saya akan
membahas apa saja sih manfaat dari kunyit tersebut.
Kunyit memang sangat pamiliyar di berbagai kalangan masyarakat Indonesia karena sering di pakai membuat nasi kuning, opor, minuman kunyit asam dan masih banyak lagi.
Siapa sangka selain untuk bahan masakan 'kunyit juga berguna untuk kesehatan,hal ini karena kunyit mengandung senyawa aktif berwarna kuning yang di sebut kurkumin selain berfungsi sebagai pewarna dan bumbu dapur kurkumin dalam kunyit juga berguna sebagai rempah-rempah yang di kenal memiliki banyak khasiat.

Karena itu lah kunyit banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit.
 Hmmmzz sebenar kunyit buat obat apa sajah yah sobat, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. ANTI PERADANGAN



Kurkumin memiliki kandungan aktif "anti oksidan dan juga anti inflamasi,dan anti inflamasi adalah zat yang berguna untuk mengobati peradangan sehingga dapat meredakan nyeri dan menurunkan demam, faktanya dalam dosis yang tepat kurkumin bisa menjadi obat peradangan yang lebih efektif daripada obat inflamasi lainnya 'seperti  ibupropen dan aspirin' kurkumin bekerja dengan cara memblokir sitokin dan enzim yang menyebabkan peradangan dalam tubuh, kurkumin juga mengurangi peradangan dengan menurunkan vistamin dan meningkatkan kortison alami di kelenjar adrenal.

2. MENCEGAH DAN MENGOBATI KANKER



Banyak beberapa penelitian kurkumin dalam kunyit dapat memerangi kanker payudara, prostat, hati, usus besar dan paru-paru dan masih banyak lagi.
Peneliti menunjukkan bahwa di berbagai negara termasuk Indonesia penggunaan kunyit 100 hingga 200 mg per hari dalam jangka waktu yang lama menunjukkan tingkatan lebih rendah pada serangan jenis kanker tertentu, kurkumin terbukti memicu apatosis atau kematian Selter program yang merupakan cara alami yang di perlukan tubuh untuk membersihkan diri dari sel-sel tubuh yang rusak,meski sudah di lakukan berbagai riset tetapi masih perlu untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa kunyit dapat menjadi obat alami dalam melawan sel kanker.

3. MENGHILANGKAN RASA NYERI DI TUBUH



 Kunyit bersipat analgesik yang bekerja mengurangi beberapa nyeri dalam tubuh,nah buat para kaum hawa yang suka minum kunyit asam untuk ngilangin rasa sakit di saat haid itu sudah cukup tepat ko, kandungan kurkumin dalam kunyit dapat menghambat produksi hormon prostaglandin yang menyebabkan peradangan disertai nyeri itulah mengapa kunyit dinilai mampuh untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid.

4. MENCEGAH DAN MENGOBATI DIABETES



Kurkumin dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah untuk membantu mengobati dan mencegah diabetes tipe 1 dan 2, anti inflamasi dan anti oksidan yang ada pada kurkumin juga dapat menekan kadar insulin dan dapat menurunkan kadar gula dan lemak darah, diabetes tipe 2 suplemen kurkumin dapat membantu menurunkan kadar insulin darah setelah di konsumsi selama 16 Minggu.
Namun masih tetap di butuhkan studi lebih lanjut pada manusia untuk mengkonfirmasi nya.

5. DAPAT MENGOBATI DEPRESI



Depresi merupakan kondisi medis yang menyebabkan perasaan sedih atau hilang nya minat untuk melakukan aktifitas tertentu kondisi ini bisa sangat menggangu penderita tersebut, dalam sebuah penelitian tahun 2014 kurkumin dalam kunyit terbukti sama efektifnya dengan obat anti depresan seperti di kalangan medis.
Hal tersebut juga di dukung pengujian lab yang menyatakan bahwa kunyit dapat mempengaruhi keseimbangan neo rotrosmiter di otak, kurkumin juga memiliki epek anti depresan dan ansioliti yang mampuh memodulasi kadar serotonin dan dopanin namun penelitian pada manusia untuk memastikan peranan kurkumin dalam kunyit sebagai pengobatan masih perlu penelitian lebih lanjut.

Nah itu dia 5 manfaat kunyit bagi kesehatan sehat itu mahal tetapi untuk sehat tidak perlu yang mahal² yah gaes..

Comments