Segudang manfaat daun ciplukan ini dia 6 manfaat daun ciplukan yang baik untuk kesehatan

Ciplukan, meski dikenal sebagai tanaman liar yang tidak pernah di budidayakan di Indonesia, ternyata daun ciplukan memili sederet manfaat untuk kesehatan.


Mulai dari mengatasi nyeri hingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.
   ciplukan adalah buah berwarna hijau dan juga kuning Ciplukan sendiri biasa tumbuh seperti di ladang dan juga pegunungan, buah ciplukan memiliki rasa asam manis bila sudah matang
Ciplukan nama latinnya adalah physalis angulata L.

Daun ciplukan mengandung flaponoid, Saponin, Tanin, alkaloid dan juga C27H44O-H20 yang sangat berguna untuk mengobati berbagai penyakit dalam.

Terus apa saja sih manfaat yang terdapat pada daun ciplukan tersebutdari, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Inilah 6 manfaat daun ciplukan untuk kesehatan.

1. MENCEGAH EPILEPSI

  Epilepsi atau yang biasa disebut penyakit ayan.
Epilepsi adalah gangguan sistem saraf pada otok manusia yang bisa terjadi akibat aktifitas berlebih dari sel neuron otak anda.

2. MENCEGAH PARU-PARU BASAH

Daun ciplukan juga bisa membantu mengobati paru-paru basah.
   Paru-paru basah sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, jamur dan juga bakteri serta bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya yang tidak berkaitan dengan infeksi mikroba.
    Dari beberapa penyebab lalu membuat paru-paru meradang yang biasa disebut dengan pneumonia atau yang lebih dikenal dengan nama paru-paru basah.
 Daun ciplukan sendiri memiliki manfaat yang sangat luar biasa sehingga mampuh membantu mencegah terjadinya paru-paru basah dengan cara meminum air rebusan daun ciplukan tersebut secara rutin sehari 1x untuk mencegah terjadinya penyakit paru-paru basah.

3. MENGATASI DIABETES

 Daun ciplukan sendiri memiliki manfaat untuk mengatasi diabetes. Diabetes diakibatkan disaat tubuh tidak bisa lagi insulin, insulin tersebut merupakan hormon untuk mengatur gula darah.
    Selain itu diabetes juga bisa terjadi pada saat insulin tidak lagi dapat mencuci gula dengan sempurna sehingga peningkatan glukosa bisa terjadi.
Apabila di biarkan saja penyakit gula darah ini sangat berbahaya bagi tubuh kita.
    Bagi anda penderita diabetes apa salahnya mencoba mengobatinya dengan daun ciplukan ini.
Caranya, rebus daun ciplukan tersebut kemudian di minum secara rutin 3x dalam sehari sampai gula darah Anda kembali normal.

4. MENGOBATI KANKER PAYUDARA.

Daun ciplukan juga dapat menjadi obat kanker payudara. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker ganas yang membuat produksi jaringan ekstra tak lagi terkendali dan kemudian membentuk benjolan yang disebut tumor.
Daun ciplukan bisa dijadikan obat kanker payudara dengan cara merebus 4 pucuk daun ciplukan di campur 4 tunas kunyit dan 4 butir beras kemudian tumbuh 3 bahan tersebut sampai halus lalu oleskan pada payudara yang terkena kanker tersebut.

5. MENGOBATI SAKIT JANTUNG

 Daun ciplukan sendiri biasa mongobati penyakit jantung. Penyakit jantung bisa terjadi pada saat suplai darah ke jantung melewati pembuluh darah koroner terjadi penghambat karena lemak, penimbunan lemak dalam pembulu  darah tersebut bernama aterosklerosis yang menjadi penyebab utama dalam penyakit jantung koroner ini.
  Penyakit jantung tersebut bisa di atas dengan daun ciplukan, caranya haluskan 40 lembar daun ciplukan segar lalu rebus dengan air 2 gelas kemudian saring air rebusan tadi menggunakan saringan yang halus tunggu sampai dingin kemudian minum lah secara teratur.

6. MENCEGAH KAMBUHNYA ASMA

Daun ciplukan juga bisa membantu mengobati asma. Asma sendiri merupakan suatu penyakit kronis yang terdapat pada saluran pernapasan yang membuat penderita tersebut mengalami sesak napas. Selain sulit dalam bernapas penderita juga bisa mengalami nyeri di sekitar dada dikarenakan batuk dan juga bengi.
     Untuk mengatasi asma dan ganguan pernapasan lainnya maka minum lah air rebusan daun ciplukan tersebut setiap hari secara rutin cukup 1 gelas sehari agar asma tidak kambuh kembali.

Nah itu dia sahabat 6 manfaat daun ciplukan.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya dalam daun ciplukan tersebut yang belum kami bahas.
 
Semoga bermanfaat yah.

Comments